Benarkah Anda Sudah Mengenal Bahasa Indonesia?

Anda merasa sudah mengenal bahasa Indonesia. Begitu juga kebanyakan orang Indonesia sudah mengenal bahasa Indonesia. Namun, kebanyakan orang Indonesia berbahasa Indonesia tidak secara baik dan benar. Ini terbukti masih banyak orang Indonesia yang lebih bangga menggunakan bahasa asing saat ia sedang berbahasa Indonesia. Padahal bahasa Indonesia memiliki keistimewaan yang belum tentu dimiliki bahasa lainnya.
Berikut beberapa hal mengenai bahasa Indonesia yang perlu Anda kenali lebih jauh:
Pertama, satu fonem dalam bahasa Indonesia hanya melambangkan satu bunyi, kecuali kh, sy, ng, e, dan e’. Jadi a dalam bahasa Indonesia di mana pun letaknya dalam sebuah kata maka tetap berbunyi a (bandingkan pengucapan a pada kata-kata bahasa Inggris berikut: make, cat, an aplle, ). Kedua, bahasa Indonesia tidak mengenal perubahan kata karena waktu, jadi kata menulis pada saat ini, kemarin, dan akan datang adalah sama yaitu menulis (dalam bahasa Inggris ada 16 tenses untuk membedakan waktu sehingga untuk kata menulis bisa ada 3 kata kerja yaitu write, wrote, dan writen). Ketiga, bahasa Indonesia tidak mengenal perubahan kata karena jumlah penggunanya, jadi baik tunggal maupun jamak kata buku tetap buku (dalam bahasa Inggris book untuk tunggal, books untuk jamak). Keempat, bahasa Indonesia tidak mengenal perubahan bentuk kata karena perbedaan jenis kelamin pengguna bahasa tersebut kata dia dalam bahasa Indonesia digunakan sama baik untuk laki-laki maupun perempuan (dalam bahasa Inggris ada she untuk dia perempuan, he untuk dia laki-laki).
Dengan membaca tulisan saya di atas, mudah-mudahan Anda jadi lebih kenal, lebih sayang, dan lebih cinta akan bahasa Indonesia yang hebat ini. Kita tinggal tunggu saja, jika bangsa ini maju pasti bahasa Indonesia akan dengan segera mendunia. Atau mungkin bangsa ini akan maju jika bahasa Indonesia telah mendunia? Jika selama ini kita sering mendengar “Bahasa menunjukkan bangsa” mengapa tidak kita buat “Bahasa memajukan bangsa”?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: